Hal-hal yang Perlu Kita Ketahui Tentang Hotel

Ingin Manjakan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

Anda mungkin sudah bolak-balik pergi ke suatu negara atau tempat wisata dan bermalam di sebuah hotel, entah itu hotel megah dengan tarif selangit atau hotel kelas melati dengan tarif murah. Tapi pernahkah terlintas di pikiran Anda apakah arti / definisi hotel, sejarah hotel serta juga klasifikasi hotel yang terbagi menjadi hotel bintang 1 hingga bintang 5? Untuk mengetahui jawabannya, simak review hotel berikut ini.

Pengertian Hotel

Jika diartikan secara sederhana, definisi hotel adalah sebuah bangunan publik yang berisi kamar-kamar yang diperuntukkan bagi pendatang yang tinggal dalam waktu yang relatif sebentar, satu hari dan atau satu minggu. Suatu hotel biasanya memiliki jumlah kamar lebih dari 10 bahkan ada yang ratusan. Untuk memudahkan tamu dan petugas hotel dalam pencarian nama tamu dan basis datanya, dibuatlah penomoran kamar hotel berikut kunci hotelnya.

Awalnya, hotel hanya sebuah tempat penginapan dengan fasilitas dan layanan ala kadarnya, yang penting ada kamar, tempat tidur, dan kamar mandi. Namun karena perkembangan jaman, lambat laun hotel mulai menyediakan berbagai fasilitas untuk memanjakan tamu agar betah berlama-lama menginap, seperti restoran, sarana olahraga, kolam renang, telepon, brankas tempat menyimpan barang berharga, coffee/tea maker, dan lain-lain. Bahkan kini ada fasilitas ruang pertemuan dan layanan pijat/sauna, antar-jemput bandara, dan city tour.

Hotel di Jaman Dulu

Percaya atau tidak, hotel sudah ada beribu-ribu tahun yang lalu sejak jaman Nabi. Dikisahkan, Mariam menginap di sebuah tempat penginapan ketika akan melahirkan Isa. Di masa kerajaan Romawi dan abad pertengahan pun, penginapan dibangun di sepanjang jalan raya utama yang banyak dilalui orang, tujuannya memang untuk musafir yang melakukan perjalanan jauh. Ketika Perang Salib, banyak penginapan dibangun sebagai tempat bermalam bagi para prajurit perang dan peziarah.

Setelah tahun 1900, di Amerika dan Eropa, hotel dan beberapa penginapan kebanyakan berlokasi di dekat stasiun kereta api. Karena keterbatasan alat transportasi (hanya mobil dan motor), membuat kereta api menjadi alat transportasi yang utama saat itu. Ketika perkembangan jaman memainkan perannya, melahirkan alat transportasi yang lebih mudah seperti pesawat terbang dan kapal, maka perlahan-lahan kereta api mulai ditinggalkan penggunanya.

Dan itu berdampak pula terhadap pembangunan hotel. Hotel mulai dibangun di sepanjang jalan raya yang sering dilewati orang yang melakukan perjalanan jauh dan ada pula hotel yang dekat dengan bandara atau pelabuhan. Bahkan kini, hotel tak lagi berfungsi hanya sebagai tempat penginapan namun juga sebagai tempat rekreasi. Banyak hotel yang menyediakan tempat hiburan untuk tujuan refreshing, seperti taman, cafe dengan live music, kolam renang, bioskop mini, dan pusat kebugaran.

Klasifikasi Hotel

Pernahkan terlintas di pikiran Anda mengapa ada klasifikasi hotel yang membagi hotel menjadi hotel bintang 1 atau bintang 5? Tujuannya adalah untuk membedakan standar mutu pelayanan dan fasilitas. Setiap 3 tahun sekali Pemerintah melakukan review dan penilaian terhadap fasilitas dan pelayanan yang telah diberikan oleh hotel tersebut.

Jika memang ada peningkatan dan perbaikan, maka status hotel tersebut dapat naik ke klasifikasi bintang yang lebih tinggi. Hotel bintang 5 adalah yang paling baik dari segi image hotel, fasilitas yang memadai, interior hotel yang agak/sangat megah serta mutu pelayanan. Hotel berbintang 5 biasanya dimiliki oleh jaringan hotel internasional yang ada di setiap negara atau hotel nasional yang ada di setiap kota besar di Indonesia.

Selain itu, hotel juga diklasifikasikan berdasarkan lokasi dan tujuan bermalam. Diantaranya yaitu:

  1. Motel (Motor Hotel), terletak di sepanjang jalan raya yang ditujukan untuk musafir yang melakukan perjalanan jauh.
  2. Bisnis, terletak dekat dengan pusat bisnis yang ditujukan untuk para pelaku bisnis yang melakukan perjalanan atau kunjungan usahanya.
  3. Turis, terletak dekat dengan obyek wisata tertentu. Hotel seperti ini biasanya memiliki nilai jual yang mahal, karena memiliki keunggulan dekat dengan obyek wisata yang tentunya akan menarik minat para wisatawan.
  4. Resort, terletak dekat pantai atau pegunungan ditujukan untuk orang yang sengaja berlibur menikmati suasana yang berbeda.

Bagi Anda yang sering berpergian ke luar kota atau luar negeri, berterima kasihlah kepada yang membangun hotel. Karena tanpa hotel Anda pasti bingung harus bermalam di mana. Nah, pertanyaannya sekarang adalah tahukah Anda situs yang menyajikan perbandingan harga hotel dari satu agen travel dengan agen travel yang lain? Jika belum, Anda bisa mengunjungi situs Booking.Asiahotelsreview1.com.

Did you like this? Share it:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Cari Hotel Via Google.com

HEMAT hingga 80% Agoda | AccorHotels | Hotels | TravelCity | Booking | Hotelopia | RatesToGo | HotelClub | Expedia | RoamFree | LastMinute | Hilton | InterContinental 225 Negara - 24 Bahasa - 190 Mata Uang
Kebun Emas 300 x 250
Belajar Bahasa Inggris Cepat

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin