Ingin Lebih Nyaman? Pahami Tugas & Tanggung Jawab Housekeeping Hotel

Ingin Manjakan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

Sudah bukan rahasia lagi bahwa kita biasanya memilih hotel berdasarkan patokan harga, ruangan, fasilitas, lokasi, dan rekomendasi. Jika kelima hal tersebut memenuhi apa yang kita inginkan serta sesuai “budget” yang kita anggarkan, maka kita biasanya tidak ragu untuk memilih hotel tersebut. Nah, sampai tahap ini biasanya kita justru melupakan salah satu faktor yang sangat menentukan kenyamanan kita menginap, yakni Housekeeping Hotel.

Housekeeping Hotel adalah salah satu satuan tugas atau departemen di hotel yang bertugas untuk membersihkan, merapikan, dan menyediakan barang-barang kebutuhan kita di kamar seperti isi mini bar, barang-barang toiletris (sabun, sampo, kertas tisu, dll), dan sebagainya. Petugas Housekeeping Hotel memang sudah dilatih sedemikian rupa sehingga mampu membuat kamar yang sudah acak-acakan menjadi seperti baru lagi, seperti belum ditempati. Keahlian para petugas Housekeeping Hotel inilah yang sangat menentukan rekomendasi para tamu hotel. Itulah sebabnya, saat mencari rekomendasi atau review tentang suatu hotel, sebaiknya kita juga mencari tahu, apakah petugas Housekeeping Hotel yang akan kita tempati melakukan tugasnya dengan baik.

Sementara itu, tugas Housekeeping Hotel bukanlah pekerjaan yang ringan. Dalam waktu satu menit, petugas ini harus mampu merapikan tempat tidur kita. Selanjutnya, ia akan membersihkan lantai, karpet, toilet, asbak, dan balkon. Mengisi persediaan makanan dan minuman serta alat-alat mandi harus dilakukan dengan waktu yang singkat serta dengan cara yang khas pula. Beberapa hotel memiliki gaya melipat handuk sendiri-sendiri, begitu pula dengan cara menata minuman di minibar. Semua itu harus dilakukan dalam waktu 15 menit!

Pekerjaan Housekeeping Hotel menjadi lebih berat setelah tamu check out. Hampir semua barang yang telah digunakan seperti selimut, sprei, dan handuk harus diganti. Toilet dan kamar mandi pun dibersihkan secara khusus pula, termasuk dengan menggunakan zat-zat pembersih tertentu. Jangan sampai tamu yang baru saja tiba dapat mendeteksi bahwa kamar tersebut barangkali baru saja ditinggalkan penghuni sebelumnya dalam beberapa jam. Namun, alokasi waktu yang digunakan oleh petugas ini untuk membersihkan kamar setelah tamu check out ini pun lebih panjang, namun biasanya tidak lebih dari setengah jam.

Tips Memaksimalkan Housekeeping Hotel
Mengingat beratnya tugas dan tanggung jawab Housekeeping Hotel, maka ada beberapa tips yang selayaknya dilakukan oleh tamu hotel agar pelayanan yang didapatkan dapat lebih optimal lagi. Pertama adalah jangan ragu meminta tolong dan berkonsultasi petugas. Dengan demikian, petugas Housekeeping Hotel dapat memahami serta mengusahakan apa yang kita inginkan. Selanjutnya adalah perhatikan tanda yang harus dipasang jika Anda memang membutuhkan kamar Anda dibersihkan lagi. Jangan sampai Anda tidak sengaja memasang tanda yang salah, sehingga petugas tidak dapat melakukan pekerjaannya.

Kemudian, bantulah petugas Housekeeping Hotel dengan turut menjaga kebersihan kamar. Terakhir adalah jangan pelit untuk tersenyum dan mengucapkan terima kasih. Jika mau, Anda dapat memberi petugas ini sekadar tip.

Did you like this? Share it:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Cari Hotel Via Google.com

HEMAT hingga 80% Agoda | AccorHotels | Hotels | TravelCity | Booking | Hotelopia | RatesToGo | HotelClub | Expedia | RoamFree | LastMinute | Hilton | InterContinental 225 Negara - 24 Bahasa - 190 Mata Uang
Kebun Emas 300 x 250
Belajar Bahasa Inggris Cepat

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin